6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Mata

6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Mata Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Mata – Mata merupakan salah satu indra yang memiliki peran penting untuk manusia. Jika tidak diperhatikan dengan baik , ada beberapa penyakit yang mungkin saja dialami oleh mata kita seperti katarak , konjungtivitis , mata kering , degenerasi makula dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu , penting rasanya untuk menjaga kesehatan mata yang salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitami yang baik untuk mata.

Nah berikut ini adalah 6 kebutuhan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehata mata kita.

Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang terbaik untuk mata kita. Vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel pendeteksi cahaya di mata atau photoreceptors. Untuk vitamin A bisa diperoleh dari organ hati, kuning telur, dan juga produk olahan susu. Sedangkan untuk buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A adalah kale, bayam, dan wortel.

Vitamin C

Konsentrasi vitamin C tertinggi pada beranda depan atau aqueous humour mata, cairan berlendir bening yang serupa plasma, dibandingkan dengan cairan tubuh lainnya. Jumlah konsentrasinya bisa saja bertambah jika kita mengonsumsi suplemen atau makanan tinggi vitamin C.

Vitamin C bisa kalian dapatkan di banyak sayuran dan buah seperti buah-buahan citrus, jambu, kale, brokoli, hingga paprika.

Vitamin E

Vitamin E mengandung jenis antioksidan larut lemak yang berfungsi untuk melindungi asam lemak dari oksidasi yang berbahaya. Hal ini yang sangat diperlukan oleh retina mata yang memiliki konsentrasi asam lemak cukup tinggi.

Ada analisis yang menyatakan jika mengonsumsi lebih dari 7 miligram vitamin E setiap harinya bisa menurunkan risiko katarak akibat penuaan hingga 6%. Vitamin E bisa diperoleh dari almond, biji bunga matahari, dan biji rami.

Lutein Dan Zeaxanthin

Kedua nutrisi ini adalah jenis antioksidan karoten berwarna kuning yang terkonsentrasi di bagian tengah retina. Fungsi dari klikwin88 keduanya adalah sebagai sunblock alami agar mata terlindung dari blue light yang berbahaya.

Jenis makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin adalah bayam, kale, parsley, pistachio, kacang polong , telur , jagung hingga anggur.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 rantai panjang berupa EPA dan DHA juga penting untuk mata sehat. Di bagian , terdapat DHA dalam jumlah cukup tinggi yang menjaga fungsi penglihatan. Fungsi lainnya yaitu untuk perkembangan otak dan mata saat usia bayi.

Dilakukan sebuah studi terhadap orang yang mengalami mata kering terbukti merasakan manfaat dari suplemen EPA dan DHA. Mereka mengonsumsi setiap hari selama 3 bulan dan gejala mata kering berkurang signifikan.

Zinc

Salah satu peran penting Zinc untuk mata kita adalah membentuk pigmen visual di retina. Orang yang kekurangan Zinc memiliki resiko besar terserang rabun senja.

Sedangkan untuk yang mengalami degenerasi makula di usia tua , Zinc berfungsi untuk mencegah kondisinya kian parah. Sumber alami zinc bisa diperoleh dari daging, tiram, dan juga kacang-kacangan.